10

File Name: Format Daya Serap Siswa K13 SD SMP SMA


Format Daya Serap Siswa K13 SD SMP SMA ini merupakan update terbaru yang akan kami share pada kesempatan yang baik ini. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan bapak/ibu ke brankasedukasi.blogspot.com, semoga file yang saya bagikan ini bisa memberikan manfaat dalam menunjang kinerja anda sebagai guru.


Jika mengacu pada Buku Kerja Guru, maka Daya Serap Siswa ini termasuk pada Buku Kerja 3 seperti pada postingan sebelumnya tentang Program Remedial dan PengayaanPenilaian Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian SiswaAnalisis Hasil Ulangan Harian. Sebelum saya bagikan formatnya, sebelumnya saya akan jelaskan sedikit Cara Menghitung Daya Serap Siswa yang terbagi dengan 2 Versi, yakni :

1. Cara Menghitung Daya Serap Siswa Versi 1
Cara menghitungnya ialah :
Jumlah Siswa dibagi Jumlah Siswa dengan Nilai diatas KKM dikali 100%. Misalnya jumlah siswa kelas tersebut berjumlah 40 dan siswa yang memiliki nilai hasil evaluasi diatas KKM berjumlah 22 siswa. Maka perhitungannya ialah (22/40) x 100% = 55,00 nah nilai 55,00 itu adalah Daya Serap Siswa dikelas tersebut pada mata pelajaran tersebut.

2. Cara Menghitung Daya Serap Siswa Versi 2
Cara menghitungnya ialah : 

DS = TK x RNR / 100

Keterangan:
  • DS adalah Daya Serap.
  • TK adalah Target Kurikulum.
  • RNR adalah rata-rata nilai rapor per mata pelajaran selama satu semester.
  • 100 adalah faktor pembagi yang sifatnya konstan.
Dengan rumus seperti diatas maka kita harus menghitung terlebih dahulu Target Kurikulum (TK). Rumus menghitung TK adalah :

TK = KDT / SKD x 100%

Keterangan:
TK adalah Target Kurikulum.
KDT adalah Kompetensi Dasar yang Terlaksana selama Pembelajaran.
SKD adalah semua Kompetensi Dasar selama satu semester.
100% adalah faktor pengali yang sifatnya konstan.

Contoh Perhitungan Daya Serap Siswa
Diketahui ketercapaian Target Kurikulum pembelajaran adalah 80% dan rata-rata nilai rapor siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75,5. Sehingga Daya Serap siswa selama satu semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah:

DS = TK x RNR / 100 => 80% x 75,5 /100
=> 6.040 / 100
DS => 60,4 %

Jadi Nilai Daya Serap Siswa pada Mapel Bahasa Indonesia adalah 60,4 %. Untuk memudahkan anda dalam menghitung DS tanpa harus mengkalkulasi secara manual, dibawah ini sudah saya sediakan link untuk mendownload Format/Aplikasi Daya Serap Siswa.


Download Juga !!!



Diharapkan dengan artikel tentang "Format Daya Serap Siswa K13 SD SMP SMA" ini bisa memberikan referensi yang baik dalam menunjang tugas dan kewajiban anda sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai Administrasi Sekolah lainnya secara lengkap melalui daftar menu atau label yang tersedia.

Posting Komentar

 
Top