0

File Name: Cara Menghitung Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Pada Kalender Pendidikan


Cara Menghitung Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Pada Kalender Pendidikan ini merupakan update terbaru brankasedukasi.blogspot.com yang akan kami bagikan pada kesempatan yang baik ini. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan bapak/ibu ke blog yang sederhana ini, semoga postingan ini bisa memuaskan searchingnya kali ini.

Menghitung Alokasi Waktu menjadi salahsatu tahap awal dalam penyusunan Perangkat Pembelajaran oleh Guru. Dengan dasar Kalender Pendidikan kita akan mengetahui berapa Alokasi Waktu yang tersedia untuk kita dalam mengaplikasikan KI dan KD yang diberikan pemerintah melalui kegiatan belajar mengajar yang kita laksanakan.

Jika kita melihat Silabus, Prota dan Promes, semuanya mengandung Alokasi Waktu pada setiap KI dan KD yang kita jabarkan. Jadi dengan kata lain, Sebelum menyusun Silabus, Prota, Promes dan RPP, kita harus menentukan Alokasi Waktu tersebihdaulu berdasarkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran yang akan dijalani.

Format Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Pada Kalender Pendidikan

Langkah-langkah Menghitung Alokasi Waktu

1. Menghitung jumlah minggu dalam satu semester
Langkah pertama menghitung jumlah minggu dalam satu semester, dengan cara mencatat jumlah minggu setiap bulannya dari Juli sampai Desember untuk semester satu dan bulan Januari sampai Juni untuk semester ke dua.

No.
Nama Bulan
Banyak Minggu
1
Juli

2
Agustus

3
September

4
Oktober

5
Nopember

6
Desember


Jumlah


2. Langkah kedua adalah menghitung jumlah Minggu tidak Efektif.
Analisis jumlah minggu tidak efektif (minggu yang dijadwalkan untuk kegiatan selain KBM), langkahnya sama seperti menghitung jumlah minggu setiap bulan. Banyak Minggu tidak efektif :

No.
Nama Bulan
Banyak Minggu
1
Juli

2
Agustus

3
September

4
Oktober

5
Nopember

6
Desember


Jumlah


3. Langkah ketiga adalah menghitung Minggu Efektif (ME)
Minggu efektif diperoleh dari pengurangan Jumlah Minggu dengan Jumlah Minggu Tidak Efektif ( ………Minggu - …….Minggu = ……….Minggu).

4. Menentukan Banyak Jam Efektif (JE)
Banyaknya jam efektif di dapatkan dari Jumlah Minggu Efektif dikali Jumlah Jam Mata Pelajaran Perminggu(JMP) (lihat Struktur Kurikulum). Misalnya JME = 18 minggu, JMP mapel IPA dalam Struktur Kurikulum 4 jam, maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
18 Minggu x 4 Jam : 72 Jam

5. Mendistribusikan Alokasi Waktu Per KD.
Alokasi waktu per KD didapat dari Jam Efektif (JE) dibagi sejumlah Kompetensi Dasar (KD) tiap mata pelajaran dengan pembagian disesuaikan dengan kompleksitas KD.


Download Format Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Word

Download Format Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Excel


Jika mengacu pada Buku Kerja Guru, maka Format Alokasi Waktu (Analisi Minggu Efektif/ Hari Efektif) ini termasuk pada Buku Kerja 2 seperti pada postingan sebelumnya tentang Jurnal Agenda Guru. Dapatkan juga perangkat Buku Kerja Guru lainnya dibawah ini.


Download Juga !!!



Diharapkan dengan artikel tentang "Cara Menghitung Alokasi Waktu Kegiatan Pembelajaran Pada Kalender Pendidikan" ini bisa memberikan referensi yang baik dalam menunjang tugas dan kewajiban anda sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai Administrasi Sekolah lainnya secara lengkap melalui daftar menu atau label yang tersedia.

Posting Komentar

 
Top