0

File Name: Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Dengan Aplikasi Excel


Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Dengan Aplikasi Excel - Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan sebuah format/ aplikasi yang berfungsi untuk menganalisis soal baik untuk jenis pilihan ganda maupun uraian. Dengan Aplikasi Analisis Soal ini, menganalisis soal akan jadi lebih mudah karena sudah di rancang sedimikian rupa sehingga anda hanya perlu menginput hasil jawaban siswa dan secara otomatis akan keluar hasil analisisnya.

Untuk cara kerjanya sangatlah gampang, anda hanya perlu memasukan jawaban siswa atas soal yang akan di analisis lengkap dengan keteranga siswa satu persatu. Tetapi sebelumnya anda harus terlebih dahulu mengisi Jawaban yang benar dari soal tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Hasilnya akan diketahui jumlah jawaban siswa yang benar dan jumlah jawaban yang salah serta skor dan nilai juga akan tertera secara otomatis. Untuk hasil analisisnya akan secara otomatis masuk pada Sheet lainnya.


Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Dengan Aplikasi Excel

Tujuan dari dilakukannya Analisis Butir Soal diantaranya adalah: (1) dapat membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan, (2) sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa dikelas, (3) mendukung penulisan butir soal yang efektif, (4) secara materi dapat memperbaiki tes di kelas, (5) meningkatkan validitas soal dan reliabilita.


Download Aplikasi Analisis Soal Pilihan Ganda dan Uraian Dengan Excel

Format Analisis Butir Soal Multiple Choice

Format Analisis Butir Soal Essay


Dalam aplikasi ini jumlah soal maksimal 60 butir soal yang dapat di-entry, jumlah peserta maksimal 100 siswa, dan anda hanya diperkenankan memberikan isian hanya pada sel yang diberi keterangan untuk diisi, sekaligus pemandu anda dalam mengisi aplikasi tersebut. Jadi dijamin anda tidak akan kebingungan menggunakan aplikasi ini.



Diharapkan dengan artikel tentang "Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Dengan Aplikasi Excel" ini bisa memberikan referensi yang baik dalam menunjang tugas dan kewajiban anda sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai Administrasi Sekolah lainnya secara lengkap melalui daftar menu atau label yang tersedia.

Posting Komentar

 
Top